Jan Samuel Maringka (JSM) Ajak Petani Sulut, Kembangkan Budi Daya Kacang Koro - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jan Samuel Maringka (JSM) Ajak Petani Sulut, Kembangkan Budi Daya Kacang Koro

JSM dalam Kegiatan Budi Daya Tanam Kacang Koro di desa Palaes Likupang Barat (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT -  Jan Samuel Maringka atau yang lebih familiar disapa (JSM) terus menaruh perhatian untuk masyarakat petani yang ada di Sulawesi Utara.

JSM yang tidak lama lagi melepas jabatan Inspektur Jenderal ( Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Jumat (22/3/2024) lalu menjadi pemrakarsa pengembangan kacang koro di desa  Palaes Kecamatan Likupang Barat, Minahasa Utara 

Mantan  Staf Ahli Jaksa Agung RI bidang Perdata dan Tata Usaha Negara ini mengatakan selain menjaga ketahanan pangan, pengembangan kacang koro bisa menjadi mata pencaharian para petani.

Menurutnya kacang koro memiliki banyak manfaat utamanya kacang koro bisa menjadi subtitusi dari kedelai menjadi makanan alternatif.

Mantan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen ini mengatakan, budi daya tanaman kacang koro bisa dikembangkan oleh petani di Sulawesi Utara.

“Hal ini untuk menguatkan dan dan menjaga ketahanan pangan guna mewujudkan kedaulatan pangan dalam negeri,” katanya.

Dengan tagline Kacang Koro (Kk) Jaga Masa Depan (JM), Jadikan Sulut Maju (JSM), Maringka bahkan turut memfasilitasi bantuan para petani lewat pembekalan dan bantuan pupuk.

Dialog yang dihadiri para petani yang ada di Minahasa Utara itu bertujuan untuk memberi edukasi dan bersama-sama menjaga ketahanan pangan. Khususnya di Sulawesi Utara sebagai lumbung pangan nasional.

Seperti diketahui, musim kemarau berkepanjangan dampak dari badai El Nino membuat produksi pertanian menurun hingga membuat pemerintah masih harus mengimpor hasil pertanian dari luar.

Dalam kesempatan itu, petani memaparkan hasil pertanian lewat budi daya tanaman kacang koro.

Budi daya tanaman kacang koro pun menjadi salah satu produk unggulan UMKM binaan Kementerian Pertanian dan menjadi idola masyarakat. (Joyke)