Kerja Keras Bupati Joune J.E Ganda, Stunting di Minut Turun - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kerja Keras Bupati Joune J.E Ganda, Stunting di Minut Turun

Sekda Minut Ir. Novly Wowiling Membuka Rembuk Stunting 2024 (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) menggelar rembuk stunting tahun 2024, di Aula Bappeda, Rabu (20/03/2024).

Mewakili Bupati Joune Ganda SE, MAP, MM, M.Si, dalam sambutannya Sekda Minut Ir. Novly Wowiling M.Si menyampaikan, keberhasilan penurunan angka stunting adalah komitmen Pemkab Minut, dimana seluruh SKPD dan stakeholder harus bekerja keras, sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati dalam penurunan angka stunting.

"Salah satu komitmen Pemkab Minut adalah tetap menjaga prevelensi penurunan angka stunting sesuai target dari pak Bupati dan Wakil Bupati dalam penurunan angka stunting dan juga angka kemiskinan," ucap Sekda Wowiling.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Diano Tino Tandaju dalam penyampaiannya memberikan apresiasi atas kerja keras upaya penurunan stunting, dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi utara, Minahasa Utara melebihi target

"Kami berharap percepatan penurunan stunting dapat dilaksanakan secara holistik, integrasi, dan berkualitas melalui koordinasi, sinergitas dan sinkronisasi di antara Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sampai dengan Pemerintah Desa dan pemangku kepentingan lainnya," kata Tandaju.

Sementara Kadis Kesehatan Minut dr Stella Safitri M.Kes dalam laporannya menyampaikan, berdasarkan data e-PPGBM, jumlah bayi balita stunting pada Tahun 2022 berjumlah 313 dan pada Tahun 2024 berjumlah 91.

Diterangkan Kadis Stella, ada dana DAU yang akan dialokasikan dalam penanganan stunting sebesar Rp. 2,116,044,523, yakni susu ibu hamil Rp. 35,585,221, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lokal untuk ibu hamil Kurang Energi Kronik (KEK) sebesar Rp. 1,163,580,000, PMT pemulihan bahan pangan lokal kepada balita gizi buruk, kurang gizi dan stunting Rp. 883,119,300 dan pemberian susu balita Rp. 33,760,000.

Hadir dalam kegiatan rembuk stunting tersebut, perwakilan Forkopimda, Wakil ketua DPRD Minut Paulus Sundalangi SE, para Kepala SKPD, para Kepala Puskesmas, para Camat dan stakeholder terkait. (Joyke)