Memanas, Terindikasi Kecurangan, Partai Golkar Minta Buka Plano PPK Kalawat - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Memanas, Terindikasi Kecurangan, Partai Golkar Minta Buka Plano PPK Kalawat

Ketua Golkar Minut Edwin Nelwan dan Ketua Bawaslu Minut Rocky Ambar (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Memanas rapat pleno KPU rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten yang dilaksanakan Sabtu (2/3/2024) di Hotel Sutan Raja Maumbi Kalawat.

Terindaksi kecurangan yang dilakukan PPK Kalawat. Sehingga membuat rapat pleno kabupaten selalu ditunda. 

Bahkan rapat pleno KPU yang seharusnya dilaksanakan Jumat (1/3/2024) kemarin akhirnya ditunda sampai Sabtu (2/3/2024) hari ini.

Menariknya dalam pelaksanaan rapat pleno KPU, Sabtu (2/3/2024) ternyata tetap diwarnai juga protes dari sejumlah saksi, ketika PPK membacakan hasil perhitungan suara kecamatan Kalawat yang diduga juga ada kecurangan.

Ketua Golkar Minut Edwin Nelwan yang hadir saat rapat pleno KPU mengatakan sikap tegas partai golkar tidak mempercayai lagi dokumen C1 yang diterbitkan PPK Kalawat.

Dengan tegas Edwin Nelwan meminta Bawaslu untuk proses perhitungan ini membuka plano kecamatan, sehingga tidak menimbulkan interpretasi negatif.

"Kejadian ini sangat jelas menimbulkan interpretasi negatif mulai dari masalah kemampuan dan indikasi kecurangan yang dilakukan PPK itu sendiri," kata Nelwan.

"Bandingkan saja selisih 100 dan ketika ditanyakan mereka (red PPK Kalawat) tidak bisa mempertanggungjawabkan selisi suara ini dari mana," ungkap Nelwan.

Menurut Nelwan artinya dari dokomen yang diterbitkan PPK Kalawat dipertanyakan karena bukan hanya persoalan DPR RI tetapi juga sampai ditingkat DPRD Kabupaten.

"Sehingga sikap kami partai Golkar, kami mau rapat pleno dilanjutkan dan takeover saja oleh KPU Kabupaten," ujar Nelwan.

Nelwan berharap Bawaslu dan KPU Minut menyadari keresahan dari partai golkar dan bukan hanya dari partai golkar tetapi juga saksi parpol lainnya. (Joyke)