PDIP "Kunci" Joune Ganda di Pilbup Minut, Pengamat: Peluang Calon Gubernur dari Parpol Lain Terbuka - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

PDIP "Kunci" Joune Ganda di Pilbup Minut, Pengamat: Peluang Calon Gubernur dari Parpol Lain Terbuka

Joune J.E Ganda (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - PDI Perjuangan mengunci Joune J.E Ganda sebagai calon bupati pada Pilkada 27 November 2024 nanti.

Langkah Joune Ganda untuk maju dalam kontestasi Pilkada Gubernur Sulut akhir-akhir ini jadi redup.

Kendati demikian tersiar kabar Joune Ganda masih mengharapkan peluang untuk mendapatkan tiket PDIP untuk maju dalam pertarungan pemilihan Gubernur Sulut nanti.

Nama Joune Ganda saat ini cukup mentereng. karir politiknya cukup cemerlang.

Sejumlah kalangan menilai Joune Ganda bukan seorang politisi kelas Minut, tapi sudah level nasional.

"Kalau ukuran Minut untuk Joune Ganda kecil. Beliau selain politisi, dia juga pengusaha kelas nasional," kata akademisi Unima Dr. Ronny Lumanauw.

Menurutnya nama Joune Ganda turut diperhitungkan dalam pertarungan pemilihan Gubernur Sulut.

"Kalau Joune Ganda maju lewat parpol lain terasa bisa. Figurnya bagus dan banyak partai melirik beliau," ungkapnya

Lumanauw mencontohkan Partai Nasdem, Partai Gerinda dan PSI yang hitung-hitungan politiknya memiliki peluang mendukung Joune Ganda.

"Hasil Pileg lalu, Nasdem 6 kursi, Gerindra 4 kursi dan PSI 1 kursi, saya rasa koalisi parpol ini bisa mengusung Joune Ganda sebagai Calon Gubernur Sulut," ungkap Lumanauw.

Kendati demikian menurut Lumanauw itu butuh keberanian seorang Joune Ganda untuk mengambil sikap maju sebagai Calon Gubernur.

"Kalau saya, isi tas ratusan milyar digunakan Pilkada Minut sebaiknya digunakan untuk Pilkada Sulut. Tapi semuanya itu dikembalikan kepada seorang Joune Ganda, apa dia berani?," ucapnya dengan senyum. 

Sementara itu Joune J.E Ganda belum memberikan jawaban gamblang ketika ditanya sejumlah wartawan terkait kepastiannya untuk bertarung pada Pilkada 2024, namun menurutnya saat ini Partai PDIP cederung mendorong calon bupati incumbent yang baru menjabat satu periode untuk kembali mencalonkan diri pada periode kedua sebagai calon bupati. 

"Nanti periode kedua baru bisa mencalonkan diri sebagai calon gubernur dan saya saat ini pengurus partai dan juga incumbent, itu mekanismenya partai," kata Joune Ganda.

Joune Ganda menegaskan bahwa saat ini Ia bersama wakil bupati Minahasa Utara terus bekerja secara maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

"Ini kan belum ada penetapan, untuk itu saya tetap bekerja dan bekerja bukan hanya untuk urusan politik, tetapi terus tanggung jawab, melayani masyarakat sampai akhir masa jabatan," ungkap Joune Ganda dengan senyum. (Joyke)