Joune Ganda "Nona Manis", Parpol Menunggu Pencalonannya, Cagub atau Cabup? - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Joune Ganda "Nona Manis", Parpol Menunggu Pencalonannya, Cagub atau Cabup?

Bupati Minut Joune Ganda (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Utara 2024 sudah semakin dekat.

Sejumlah nama mulai mencuat sebagai calon bupati. Ada 4 figur yang saat ini digadang-gadang bertarung untuk memperebutkan posisi orang nomor satu di bumi Tonsea Minut.

PDI Perjuangan sejak awal menyatakan masih mengusung sang petahana Joune J.E Ganda sebagai Calon Bupati dan Kevin W. Lotulung sebagai calon wakil bupati.

Kemudian Melky Jakhin Pangemanan (MJP) yang telah ditugaskan oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sebagai calon bupati Minut

Kabarnya MJP didukung partai koalisi besar yakni Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB dan Perindo.

Kemudian yang digadang-gadang akan maju calon bupati Minut adalah Ramoy Markus Luntungan, nama mantan Bupati Minsel ini sempat mencuat untuk maju pada pilkada Minut.

Terakhir nama Ketua DPC Demokrat Minut Stendy S. Rondonuwu yang sejak awal sudah mengantongi surat rekomendasi dari partai Demokrat sebagai calon bupati Minut.

Sedangkan posisi calon wakil bupati yang mencuat saat ini Yessi Tulenan, Christian Kamagi dan Reynald Tuwaidan.

Akademisi Unsrat Dr. Julius Randang menjelaskan sampai saat ini Pilkada Minut kurang semarak karena semua pihak masih "meraba-raba" kekuatan.

"Semua masih menunggu peluang maju Pilkada Minut, apalagi kendaraan partai politik yang mengusung ditentukan DPP atas pertimbangan juga dari pengurus daerah," kata Randang.

Dijelaskan Randang yang menarik jika Joune J.E Ganda maju calon Gubernur Sulut, maka banyak calon bupati dan wakil bupati berebutan untuk mendapatkan tiket PDI Perjuangan.

Bilamana Joune Ganda maju calon gubernur Sulut maka PDI Perjuangan maish mempunyai kader potensial yang akan maju pada Pilkada Minut seperti Berty Kapoyos, Kevin William Lotulung dan Chris Yodi Longdong. 

"Semua parpol masih menunggu pencalonan Joune Ganda, apakah calon gubernur atau calon bupati," pungkas Randang.

Dikatakan Randang yang perlu diwaspadai adalah langkah politik PDI Perjuangan yang nantinya pada injury time baru menentukan figur yang akan diusung. (Joyke)