Pertama di Minut, Camat Daniel Kumenaung Lakukan Program TURLAP JG-KWL - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pertama di Minut, Camat Daniel Kumenaung Lakukan Program TURLAP JG-KWL

Sulut24.com, MINUT - Dalam rangka mendukung program inovatif jemput bola dari Bupati Minahasa Utara  Joune J. E Ganda, S.E., MAP., M.M, M.Si bersama Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H yang bertujuan untuk memperbaiki sistem kesehatan di wilayah Minahasa Utara.

Maka pada Selasa (2/4/2024) Pemerintah Kecamatan bersama team kerja dari Puskesmas Kema melaksanakan kegiatan kesehatan dan pemerintahan yang bertajuk "Turun Lapangan Jaring Kepentingan Warga Lingkungan" (TURLAP JG-KWL).

Camat Kema Daniel Kumenaung SE mengatakan, salah satu program Turlap yaitu fokus pada program membantu memfasilitasi pembuatan buku kronis serta kendala - kendala administrasi yang dihadapi masyarakat di Minahasa Utara lebih khusus di Kecamatan Kema yang disebabkan oleh jarak dari desa (rumah tempat tinggal) ke kantor Kecamatan Kema jauh, tidak ada biaya untuk mengurus data/dokumen yang dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat (pribadi dan atau keluarga) dan sakit yang diderita oleh masyarakat sehingga tidak dapat mengurus data/dokumen yang dibutuhkan untuk urusan administrasi di kantor Kecamatan Kema ataupun berobat di Puskesmas Kema.

"Maka dalam rangka menjawab setiap kepentingan dan kebutuhan masyarakat kami melaksanakan giat JGKWL  turun lapangan, untuk menjaring kepentingan warga lingkungan/jaga yang membutuhkan bantuan serta pertolongan, karena tugas kita sebagai pelayan masyarakat," kata Kumenaung.

Sementara itu untuk pelayanan pemerintah  Kecamatan Kema melalui pemerintah desa, mencakup dalam urusan administrasi diantaranya ;

1. SuKet KTP

2. SuKet KKI

3. SuKet Taspen

4. SuKet Belum Pernah Menikah.

5. SuKet Ahli Waris.

Dan bekerjasama dengan Puskemas Kema Melalui Pengobatan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan serta pertolongan.

JGKWL Turun Lapangan.

1. Jaring

2. Kepentingan

3. Warga

4. Lingkungan

Agar masyarakat mendapatkan pelayanan prima dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui kantor Kecamatan Kema dan Puskesmas Kema sebagaimana yang ada dalam Visi Misi Bupati Dan Wakil Bupati yaitu gotong royong atau kerja sama dan kerja bersama - sama.

Hukum Tua desa Tontalete Rok Rok Roula Moudy Katuuk SH mengatakan bahwa sangat berterimakasih kepada pemerintah kecamatan yang dengan sigap turun langsung di desanya untuk menjemput bola  membantu masyarakat desa Rok Rok dalam hal pengurusan dokumen dan sekaligus menghadirkan pihak puskesmas kema untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis.

Salah satu warga desa Tontalete Rok Rok Since Yaliin yang sedang mengurus surat keterangan pengantar pembuatan KK ketika di tanya tentang pelayanan di kantor desa mengatakan,sangat puas dengan kinerja dari pemerintah desa dan tidak ada kendala dan tidak di pungut biaya apapun, sehingga semuanya bisa selesai dengan baik.

Sama halnya juga Rusniati  Makapuas  warga desa Tontalete Rok Rok  yang datang berobat,mengatakan dirinya bersama anaknya merasa terbantu dengan adanya pengobatan gratis dari  pihak puskesmas kema,bahkan tim kesehatan juga turun langsung ke rumah warga yang sakit yang tidak dapat berjalan, sehingga pelayanan bisa diselesaikan dengan baik.

Sementara itu dr. Giovani, dokter internsip yang melayani masyarakat di desa Tontalete Rok Rok menjelaskan bahwa pengobatan secara gratis ini adalah wujud kerjasama antara pihak pemerintah kabupaten Minahasa Utara dan pihak Puskesmas Kema dalam menunjang program TURLAP JG  KWL dalam rangka melaksanakan pelayanan prima kepada masyarakat. (Joyke)